22. Tipe, Bentuk dan Skema Organisasi
Regional
A. TIPE-TIPE
ORGANISASI
LINE
ORGANIZATION
LINE
AND STAFF ORGANIZATION
FUNCTIONAL
ORGANIZATION
COMMITTEE
ORGANIZATION
1. LINE
ORGANIZATION
Tertua, paling
sederhana
Tugas
perencanaan, pengendalian berada di satu orang, line authority langsung dari
pimpinan kpd bawahan.
Ciri line
organization
§ Tujuan
organisasi sederhana
§
Organisasinya kecil
§ Jumlah
karyawan sedikit
§ Pimpinan dan
karyawan saling mengenal & dpt berhubungan setiap hari
§ Hubungan
pimpinan-karyawan bersifat langsung
§ Tingkat
spesialisasi, alat yg diperlukan tidak begitu tingi tdk beraneka ragam
Kebaikan &
keburukan
§Kesatuan
pimpinan
§ Garis
perintah
§ Proses
pengambilan keputusan
§ Pengawasan
§ Tingkat
solidaritas
2. LINE &
STAFF ORGANIZATION
Ciri :
§ Organisasi
besar, kompleks
§ Jumlah
karyawan banyak
§ Daerah kerja
luas
§ Hubg kerja
yg bersifat langsung tdk mungkin lagi
§
Pimpinan-karyawan bisa tidak saling mengenal
§ Spesialisasi
beraneka ragam & digunakan scr optimal
Terdapat 3
komponen utama :
§ Pimpinan
(pengendali, pnanggung jawab, menetukan tuj, kebijaksanaan, keputusan)
§ Staf
(pembantu pimp) : staf koordinasi (nasihat, pengawasan), staf teknik (pelayanan
teknis)
§ Pelaksana :
pelaksana tugas
KEBAIKAN &
KEBURUKAN
§ Ada
pembagian tugas yg jelas
§ Potensi dapt
dikembangkan optimal
§ Prinsip
organizing dpt diterapkan
§ Pengambilan
keptusan cepat, ahli
§ Koordinasi
mudah, krn ada pembagian tugas
§ Moral
anggota tinggi, krn sesuai keahlian
3. FUNCTIONAL
ORGANIZATION
Adalah
organisasi yg disusun berdasarkan sifat & macam-macam fungsi yg hrs
dilaksanakan
Ciri :
§ Pembidangan
tugas scr tegas & jelas dpt dibedakan
§ Dlm
melaksanakn tgs tdk banyak memerlukan koordinasi trutama pd tingkat pelaksana
bwhn krn bidang tugas sdh jelas.
§ Koordinasi
ada pd tingkat pimpinan
§ Pembagian
unit organisasi didsrkan spesialisasi tugas
§ Para
direktur mempunyai wewenang komando thd unit yg ada dibawahnya, tidak perlu
atas nama direktur utama
Dpt terlihat
pd perusahaan yg bidang tugasnya dpt digariskan scr tegas, mis : unit produksi,
pemasaran, keuangan, dll
KEBAIKAN &
KEBURUKAN
§ pembidangan
tugas jelas
§ spesialisasi
dapt dikembangkan optimal
§ Solidaritas
/moral dalam satu bidang tinggi
§ Koordinasi
dalam satu bidang mudah
§ Koordinasi
menyeluruh terjadi pd tingkat pimpinan
4. COMMITTEE
ORGANIZATION
Umumnya
dibentuk dalam waktu yg terbatas untuk melaksanakan tugas-tugas.
Ciri :
§ Tugas
tertentu, jangka waktu terbatas
§ Seluruh
unsur pimp duduk dlm panitia (ketua/anggota)
§ Kepemimpinan
kolektif, tanggungjwb kolektif
§ Semua
anggota pimp mempunyai hak, wewenang, tggjwb yg sama
§ Pelaksana
dikelompokkan menurut bidang tugas ttt yg hrs dilaksanakan dlm bentuk tugas
KEBAIKAN &
KEBURUKAN
§ Keputusan
diambil scr tepat krn dibicarakan scr kolektif
§ Kemungkinan
tindkan diktatoris kecil
§ Kerja sama
dikalangan pelaksanan muda
B.
BENTUK-BENTUK ORGANISASI
a. Bentuk
Organisasi Garis
b. Bentuk
Organisasi Fungsional
c. Bentuk
Organisasi Garis dan Staf
d. Bentuk
Organisasi fungsional dan Staf
1. Organisasi
Garis
Oleh Henry Fayol (Paris)
Bentuk
organisasi yang paling sederhana dan paling tua, digunakan di kalangan militer
dengan jumlah karyawan yang masih sedikit dan saling kenal, dan spesialisasi
kerja yang belum begitu tinggi.
Kelebihan
a. kesatuan
komando baik karena pimpinan berada di atas satu tangan
b. proses
pengambilan keputusan berjalan dengan cepat.
c. Solidaritas
karyawan tinggi karena saling kenal.
Kekurangan
a. jika sang
pemimpin tidak mampu maka akan mudah jatuh
b. ada
kecendrungan bertindak otokratis
c. kesempatan berkembang
terbatas
2. Organisasi
Fungsional
Oleh F.W. Taylor.
Pimpinan-pimpinan
yang ada tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan mempunyai
wewenang memberik komando sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan
tersebut.
Kebaikan
a. Pembagian
tugas jelas
b.
Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan dengan maksimal
c. Digunakan
tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsi-fungsinya.
Keburukan
a.
Spesialilsasi menyebabkan susah “tour of duty”
b. Karyawan
mementingkan bidangnya sehingga sukar melaksanakan koordinasi.
3. Organisasi
Garis dan Staf
Oleh Harrington Emerson
Biasanya
digunakan oleh organisasi besar dengan daerah kerja yang luas dengan bidang
tugas yang beraneka ragam serta rumit. Memiliki satu atau lebih tenaga staf
tenaga ahli yang memberi saran atau nasihat.
Kebaikan
a. Dapat
digunakan oleh tenaga organisasi sebesar apapun dan sekompleks apa pun.
b. Keputusan
yang matang dan sehat dapat diperoleh karena adanya tenaga ahli.
c. Dapat mewujudkan
“The right man in the right place”.
Keburukan
a. Solidaritas
sukar diwujudkan karena tidak saling kenal
b. Koordinasi
kadang sukar diterapkan karena terlalu luasnya organisasi
4. Organisasi
Staf dan Fungsional
Merupakan
kombinasi organisasi staf dan funsional, memiliki kekurangan dan kelebihan
seperti halnya organisasi staf dan fungsional.
Struktur dan
Skema Organisasi
Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen
bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu organisasi, komponen-komponen dalam
tiap organisasi memiliki ketergantungan. Sehingga jika suatu komponen baik.
Maka akan berpengaruh pada komponen lainnya dan organisasi tersebut.
Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :
1. Bentuk Vertikal
Dalam bentuk
ini, sistem organisasi pimpinan sampai organisasi atau pejabat yang lebih
rendah digariskan dari atas ke bawah secara vertikal.
2. Bentuk Mendatar / Horizontal
Dalam bentuk
ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi
atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kea rah kanan atau
sebaliknya.
3. Bentuk Lingkaran
Dalam bentuk
lingkaran, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan
organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke aarah
bidang lingkaran.
4. Bentuk Setengah Lingkaran
Bagan Setengah
lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenang dari pucuk
pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun
dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.
5. Bentuk Elliptical
Dalam bentuk
ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi
atau pejabat yang terendah digambarkan dengan pusat Elips kearah bidang elips
6. Bentuk Piramid terbalik
Dalam bentuk
ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan organisasi atau pejabat
terendah digambarkan dalam susunan berbentuk piramid terbalik.
Setiap bentuk
bagan organisasi yang ada menggambarkannya dapat dibalik, kecuali bagan
lingkaran, bagan elips dan bagan sinar. Bagan pyramid dapat disusun dari bawah
kea rah atas, bagan mendatar dapat disusun dari kanan kea rah kiri, bagan
menegak (Vertikal) dapat disusun dari bawah ke atas, bagan setengah lingkaran
dapat di susun dari pusat lingkaran ke arah bidang atas lingkaran, bagan
setengah elips dapat disusun dari pusat elip kea rah bidang atas elip. Dalam
bagan lingkaran, bagan elip dapat pula digambar satuan organisasi atau pejabat
yang lebih rendah kedudukannya terletak di atas, tetapi ini semua tidak
mengubah jenjang ataupun kedudukan yang sesungguhnya. Hal ini dikemukakan pula
oleh Keith Davis sebagai berikut :
“Perubahan-perubahan
penggambaran bagan kadang-kadang diterima untuk menggalakan pertalian kedudukan
atasan bawahan dari kebiasaan bagan-bagan organisasi, tetapi
perubahan-perubahan ini tidak mengubah keadaan kedudukan yang sebenarnya.
Termasuk di dalamnya perubahan-perubahan bagan mendatar, lingkaran, setengah
lingkaran, elips dan piramida terbalik.”
Macam-macam
Skema Organisasi
a. Berdasarkan
teknik atau cara membuatnya :
Skema
organisasi Tegak Lurus dari atas kebawah
Skema
organisasi Mendatar dari kiri kekanan
Skema
organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
Skema
organisasi Lingkaran
Skema
organisasi Gambar
b. Berdasarkan
isi atau fungsi didalamnya :
Skema
Organisasi Fungsional
Menjelaskan
tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi
yang lain dan saling berkaitan antara satu dengan yang lain.
Skema
Organisasi Jabatan
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing, tetang cara bekerja, apa yang harus ia lakukan dan pencapaian yang ia dapatkan.
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing, tetang cara bekerja, apa yang harus ia lakukan dan pencapaian yang ia dapatkan.
Skema
Organisasi Nama
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan, yang mengejarkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan, yang mengejarkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya
Skema
Organisasi Nama dan Jabatan
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
Skema
Organisasi Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut, dan juga fungsi-fungsi antara bagian-bagian itu satu sama lain yang saling berhubungan dan juga saling membantu
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut, dan juga fungsi-fungsi antara bagian-bagian itu satu sama lain yang saling berhubungan dan juga saling membantu
Sumber:
http://tkampus.blogspot.com/2012/04/struktur-dan-skema-organisasi.html
No comments:
Post a Comment